Tuesday, March 15, 2011

Banana Cinnamon Muffin and Banana Cheese Muffin


Sejak dulu, pisang selalu membuat aku mengidap dualisme ...hehehe….  Karena, aku gak suka pisang yang dimakan mentah (maksudnya dimakan gitu aja, tanpa diolah).  Padahal dari dulu, keluargaku doyan banget pisang.  Bahkan almarhum bapak, dulu yang paling rajin mengingatkan betapa bermanfaatnya pisang…tapi aku tetep gak suka, karena mungkin lidahku terlalu pemilih…hehehe… *maaf ya pak…bener-bener gak bisa..* 
Tapi kalo pisangnya diolah (digoreng, dikukus, dikolak) aku doyan…asal pisangnya keras.  Aku maunya pisangnya matang, manis tapi masih keras…hehehe… Banyak deh syaratnya… Tapi ada satu yang bisa aku terima gak pake syarat… cake pisang..! Naah…ini baru aku suka… Karena rasa asli pisang sudah gak tampak lagi, tapi aromanya enak banget..

Pas blogwalking ke Joy of Baking, liat resep Banana Muffins yang gampang banget, udah gitu dilengkapi pula dengan video pembuatannya. Cepat dan mudah, bahkan gak perlu mixer. Jadi kepengen bikin deh… Selain itu memang di rumah sering kelebihan pisang matang.  So..hayuu kita bikin yuukk…

Aku sekaligus bikin 2 resep dengan 2 modifikasi dari resep aslinya.  Resep yang pertama tetap dengan aroma kayu manis sesuai resep asli, tapi aku tambahkan choco chip ke dalam adonan.  Gula aku kurangi, takut kemanisan.  Hasilnya…hmm…enak  banget deh… Manisnya pas, kayu manisnya pas, pisangnya pas…. Pokoknya paduan kayu manis, pisang dan coklat nge-blend banget deh...!
Resep yang kedua, aku skip kayu manis, aku kurangi tepungnya sedikit, lalu aku tambahkan keju parmesan parut dan potongan keju cheddar di dalamnya.  Hasilnya? Whoaaa….rasanya istimewa!  Walaupun aku merasa kalo keju parmesannya kurang banyak.   Nanti kalo bikin lagi, aku mo tambahin parmesannya ahh…biar rasanya makin OK..

Gak bakalan nyesel deh nyobain resep ini..rasanya enak dua-duanya…dan pastinya anti gagal….hehehehe…
Ini resepnya yaaa…

BANANA MUFFIN (with CINNAMON)
(recipe from Joy of Baking)


Bahan :
·         1 cup (115g) walnut atau pecan atau almond, panggang lalu cincang kasar (aku gak pake)
·         1 ¾ cups (230g) tepung serba guna
·         ¾ cup (150g) gula pasir (aku cuma pake 130g)
·         1sdt baking powder
·         ¼ sdt soda kua
·         ¼ sdt garam
·         1 sdt bubuk kayu manis
·         2 buah telur yang besar,  kocok lepas
·         ½ cup (113g) mentega tawar, lelehkan dan dinginkan
·         3 buah pisang yang matang (sekitar 454g, aku cuma pake 300g), haluskan
·         1 sdt vanilla extract (aku skip, karena gak punya..)
·         60g choco chip (tambahanku)

Cara membuat :
1.     Panaskan oven di suhu 180°C  (350°F).  Siapkan cetakan muffin, alasi dengan papercup atau oles dengan butter.
2.     Dalam satu wadah yang besar, campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, soda kue, garam dan kayu manis bubuk.
3.     Dalam wadah yang lain campur hingga rata pisang yang telah dihaluskan, telur kocok, mentega leleh dan vanilla (kalo pake ya..). 
4.     Masukkan adonan cair ke dalam adonan tepung , aduk perlahan dengan spatula atau sendok kayu.  Aduk hingga rata dan kental (note di resep aslinya : jangan aduk terlalu lama sampai adonan over mix, karena akan menyebabkan muffin keras dan ngaret).
5.     Masukkan choco chip aduk rata.  Sendokkan adonan ke dalam cetakan muffin (lebih mudah kalo mempergunakan ice cream scoop).  Panggang selama 20-25 menit atau lakukan tes tusuk (bila tusuk gigi keluarnya bersih, berarti muffin sudah matang).  Angkat dan dinginkan di cooling rack.  Hidangkan.

Untuk 12 muffin ukuran sedang.


BANANA MUFFIN (with CHEESE)
(modified by Meina from Joy of Baking)


Bahan :
·         210g tepung serba guna
·         100g gula pasir
·         1sdt baking powder
·         ¼ sdt soda kue
·         2 buah telur yang besar,  kocok lepas
·         113g mentega tawar, lelehkan dan dinginkan
·         300g  buah pisang yang matang, haluskan
·         60 g keju parmesan parut
·         75g keju cheddar, potong kotak-2 kecil
·         Keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
1.     Panaskan oven di suhu 180°C  (350°F).  Siapkan cetakan muffin, alasi dengan papercup atau oles dengan butter.
2.     Dalam satu wadah yang besar, campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, soda kue dan keju parmesan parut.
3.     Dalam wadah yang lain campur hingga rata pisang yang telah dihaluskan, telur kocok, dan mentega leleh  
4.     Masukkan adonan cair ke dalam adonan tepung , aduk perlahan dengan spatula atau sendok kayu.  Aduk hingga rata dan kental (note di resep aslinya : jangan aduk terlalu lama sampai adonan over mix, karena akan menyebabkan muffin keras dan ngaret).
5.     Masukkan keju cheddar yang telah dipotong kotak kecil, aduk rata.  Sendokkan adonan ke dalam cetakan muffin (lebih mudah kalo mempergunakan ice cream scoop).  Taburi atasnya dengan keju cheddar parut.  Panggang selama 20-25 menit atau lakukan tes tusuk (bila tusuk gigi keluarnya bersih, berarti muffin sudah matang).  Angkat dan dinginkan di cooling rack.  Hidangkan.

Untuk 12 muffin ukuran sedang.

SELAMAT  MENCOBA  YAA…:)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design