Wednesday, May 18, 2011

Sirup Belimbing Wuluh

Baru sadar, ternyata udah lebih dari sebulan gak update blog… Hmm…kemana aja? Psstt…critanya aku lagi nyiapin buka warung bebekku.  Jadi ya sementara kegiatan masak memasak, panggang memanggang dan tulis menulis ditunda dulu, sampai situasi dan kondisi memungkinkan…hahaha… Mohon doanya ya teman-teman…:)

Ternyata, aku gak tahan juga untuk posting sirup belimbing wuluh yang aku buat beberapa waktu lalu. 
Ceritanya pohon belimbing wuluhku pertama kali berbuah.  Tapi ternyata buahnya  lumayan banyak juga.  Setelah dibagi-bagi teman dan tetangga, tetap aja masih tersisa banyak di rumah.  Ya udah…mungkin memang saatnya aku uji uji coba resep sirup belimbing wuluh yang aslinya yang aku dapat disini.  Rencananya sirup belimbing wuluh ini akan aku jadikan salah satu minuman di warungku, tapi memang syaratnya harus lolos uji rasa teman-temanku dulu.

Aku sendiri sih, suka rasanya yaa…asam manis, dengan rasa khas belimbing wuluh yang masih bisa terdeteksi di tegukan terakhir.  Bikinnya gampang, tapi karena gak pakai pengawet apapun, nyimpannya harus tetap di kulkas.
Oh iya, di resep asli perbandingan gula : belimbing sayur adalah 2:1.  Tapi ternyata buatku kurang asam, jadi keesokan harinya aku buat tambahkan lagi belimbing wuluhnya, sehingga perbandingannya jadi 1:1.  Nahh…ini baru enak, asam manisnya pas..dan yang penting sehat dan alami.  Iya lho…ternyata belimbing wuluh ini banyak manfaat dan khasiatnya.  Macam-macam khasiatnya, dari obat batuk, obat jerawat hingga diabetes dan darah tinggi.  Lengkapnya intip disini yaa…

Nah, kalo mo nyoba bikin sendiri, ini aku share resepnya, tapi kalo males bikinnya, silakan mampir ke warung aja deh…jadi langsung bisa dinikmati sirup belimbing wuluh disana sambil (tentunya) menikmati bebek sebagai hidangan utama…hehehe…
Rasanya? segerrrr banget dinikmati dengan tambahan es batu atau air dingin... Cobain deh kalo gak percaya...:)



Sirup Belimbing Wuluh
Sumber: Ibu-ibu DI

Bahan
-  belimbing wuluh yang besar-besar 1 kg (aku pake 2kg)
-  gula pasir 2 kg;
-  air 1 liter;
-  citroen zuur seujung sendok teh (aku gak pake)
-  bunga belimbing wuluh secukupnya untuk pewarna (aku gak pake, sebagai gantinya aku pakai pewarna makanan warna hijau)

Cara pembuatan
1. Belimbing wuluh dibelah empat memanjang, buang bijinya
2. Kukus selama lima menit
3. Angkat dan diamkan sebentar supaya dingin
4. Rebus air hingga mendidih
5. Campurkan gula pasir hingga larut
6. Setelah belimbing agak dingin lalu diblender dan disaring
7. Larutan gula dengan air juga disaring dan satukan dengan bubur belimbing
8. Rebus hingga mendidih dan tambahkan Citroen zuur
9. Tuang sirop belimbing ke dalam botol yang sudah steril
10.Tutup rapat selagi masih panas, setelah dingin simpan di lemari es.
Silakan dicoba yaaa...:)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design