Saturday, January 29, 2011

Marshmallow

Beberapa tahun lalu tiba-tiba marshmallow seperti membanjiri supermarket di Jakarta.  Seingatku produk yg suka aku beli adalah produk Jepang (cuma tau dari tulisannya..hehe..), dengan harga yg gak bisa dibilang murah...tapi memang rasanya enak. Empuk, manis dengan macam-macam isian yang enak, misalnya coklat atau rasa buah-buahan..
Menurut Wikipedia, marshmallow yg ada di pasaran sekarang adalah bentuk modern dari permen yg berfungsi sebagai obat dan diperoleh dari tanaman Althaea officinalis, yg dikenal sebagai the marshmallow plant.  Nah, info lebih lengkap mengenai marshmallow bisa diklik disini.

Aku sendiri sebagai penikmat marshmallow, mulai merasa waswas, setelah issue kehalalan marshmallow mulai merebak.  Wajar sih karena bahan utamanya adalah gelatin.  Sementara di negara pembuatnya (Jepang, Cina) gelatin bisa berasal dari hewan selain sapi.  Selain itu, kepikiran juga untuk bikin coklat praline dengan isian marshmallow.  Jadi makin penasaran deh mau bikin sendiri..
Setelah ngubek-ubek internet, dapat beberapa resep yg sepertinya memungkinkan untuk dicoba. Jadi deh nyiapin bahan untuk bikin marshmallow...pssttt...proyek uji coba ini sebenarnya udah aku lakukan awal tahun 2009...hehehe... Tapi karena blognya baru jadi sekarang, ya gak papa dong diposting sekarang..:)
Bikinnya sih gak ribet, tapi memang harus sabar dan telaten.  Bahan-2 juga gak ada yg aneh-aneh, eh..mungkin cuma  light corn syrup aja yg agak susah dicari. Yang jelas, begitu marshmallownya jadi rasanya kagum pada diri sendiri deh.. hahaha... *narsisdotcom*... Yah..karena ternyata bisa juga buat marshmallow yg awalnya aku pikir cuma bikinan pabrik..:)
Ini resepnya ya...ooppss...maaf aku lupa gak nyantumin link resep aslinya... soalnya udah campur-campur nih... 



MARSHMALLOW
(source dari berbagai sumber)

 Bahan :
240ml air dingin, bagi 2
3 sendok makan gelatin bubuk
400g gula pasir
180ml light corn syrup
1/4 sendok teh garam
1 - 1 1/2 sendok makan ekstrak vanilla cair (aku ganti dengan 1 1/2 sdm pasta strawberry)
gula halus (untuk taburan)
mentega putih untuk olesan 

Cara membuat :
1.  Siapkan 2 buah loyang kue kering ukuran 24x24cm.  Balikkan loyang.  Potong aluminium foil dengan ukuran yang cukup untuk menutup bagian bawah loyang dan sisi-sisi loyang.  Bentuk aluminium foil sesuai bentuk bagian bawah loyang, terutama bagian sudut-sudutnya.  Lepaskan aluminium foil, balikkan loyang, lalu tempatkan aluminium foil ke dalam loyang.  Rapikan tepi-tepi dan bagian sudut-sudutnya 

2.  Oles aluminium foil dengan mentega putih tipis-tipis.  Taburi dengan gula halus rata & tebal (menaburkannya lebih enak dengan saringan kecil, seperti dalam gambar)

3.  Masukkan setengah bagian air dingin (120ml) ke dalam bowl besar.  Taburkan gelatin bubuk ke dalamnya.  Sisihkan.

4.  Masukkan gula pasir, corn syrup, garam dan setengah bagian air sisanya ke dalam panci.  Panaskan hingga mendidih dan gula pasir larut. (di beberapa resep informasinya suhu larutan gula ini adalah sampai 115° C.  Karena gak punya termometer, aku didihkan sampai larutan bergolak merata di seluruh permukaan panci, didihkan terus sampai sekitar 1 menit tanpa diaduk).

5.  Angkat panci dari kompor.  Tuangkan larutan gula panas-panas ke dalam bowl berisi gelatin, sedikit demi sedikit, sambil dikocok dengan mixer  kecepatan tinggi.  Kocok sampai adonan menjadi kental dan mengkilap. Adonan dikatakan jadi kalo sudah menjadi adonan yang kental, lengket dan mengkilap.  Pada fase ini seringkali adonan "merayap naik" ke batang pengocok.  Jadi sediakan spatula plastik tipis. (Periode ini yang menakjubkan bagiku...hehe...  Awalnya warna campuran adalah kekuningan kusam.  Kemudian perlahan mulai mengental, dengan warna yang masih tetap kusam. Sampai akhirnya jadi kental, lengket dan mengkilap)

6.  Matikan mixer, lalu masukkan esktrak vanila (atau pasta strawberry) ke dalam adonan.  Kocok lagi sampai rata.  Matikan mixer.

7.  Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dialas aluminium foil.  Ratakan dengan ujung jari (ini juga petunjuk di resep aslinya, karena diratakan dengan spatula susah banget).

8.   Diamkan selama 2 jam dalam suhu ruang tanpa ditutupi (jadi pastikan meja dalam keadaan bebas semut, debu & lain-2nya).  Ayakkan gula halus di atas adonan dalam loyang sampai rata.  Diamkan lagi selama 10 jam.

9.  Untuk mengeluarkannya, siapkan meja yang dialas plastik dan ditaburi gula halus.  Balikkan loyang dengan hati-hati, lalu tarik aluminium foil di sisi-2 loyang, sampai aluminium lepas dari loyang.  Pelan-2 kupas aluminium foil dari marshmallow.  Sering-sering taburi dengan gula halus pada proses ini, karena marshmallow lengket di aluminium foilnya.  Setelah semua aluminium foil terkupas dan marshmallow telah rata ditaburi gula halus (termasuk bagian tepi-tepinya, balikkan marshmallow.

10.  Cetak sesuai selera..  Udah jadi deh, bisa langsung dihidangkan atau diproses lagi dengan dicelup coklat cair..hmmm...

SELAMAT MENCOBA YAAA..   

1 comments:

Uni Cake said...

Salam kenal mba...
Aku udah lumayan lama pengen bikin marshmallow dan udah sering juga search resep dan cara pengolahannya.

Tapi, aku mau nanya nih mba, beli light corn syrup dmn ya? Aku posisi di Jaktim. Makasih y mba

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design