Sunday, February 13, 2011

Bebek Panggang Merah

Resep olahan bebek, adalah salah satu resep yang paling sering aku cari.  Alasannya sederhana, karena bebek adalah lahan bisnisku dan jualan utamaku…hehehe… Jadi aku selalu merasa tertantang untuk mencoba resep baru, untuk menambah menu yg sudah ada…
Aku selalu membayangkan, akan seperti apa kalo resep bebek peking panggang diaplikasikan ke bebek lokal… Bebek  lokal cenderung kalah montok dan dagingnya lebih keras  Apalagi dengan resep ini, setelah direndam bumbu, bebek langsung dipanggang.  Sementara bebek jualanku, biasanya harus diungkep dulu sekitar sejam, supaya empuk.  Kebetulan aku selalu mempergunakan bebek jantan muda (usia sekitar 4 bulan), yang dagingnya lebih empuk daripada bebek betina afkir.  Jadi siapa tau ini bisa berhasil juga dan aku gak akan pernah tau kalo aku gak mencobanya…:)

Waktu  blogwalking ke blog milik ShinyLien, aku menemukan beberapa resep bebek disana, termasuk dua resep bebek peking panggang.  So, aku pilih resep ini dulu, karena bumbu-bumbunya lebih sederhana…hehehe…

Bebek aku rendam dalam bumbu semalaman di kulkas.  Pagimya baru aku panggang.  Karena ini baru pertama kalinya aku bikin bebek panggang, jadi sebentar-sebentar aku tengokin ovennya…hahaha…
Setelah sekitar setengah jam manggang, aku olesi lagi bebeknya beberapa kali dengan bumbunya.  Ternyata di dasar loyang (aku pake loyang aluminium foil), terbentuk cairan yg berasal dari bebek plus bumbunya.  Hmm…bisa diapain ya cairan ini?  Dibuat saus enak kali yaa… Rasa cairannya sih antara gurih, manis, asam…sesuai dengan bumbunya.  OK…sekarang mengarang bebas untuk bumbu sausnya dulu deh….hehehe… Tapi maaf ya kalo bumbu sausnya gak ada takaran pastinya…disesuaikan selera aja deh…

Bebek panggang ini rasanya gurih, manis, asam… Bumbunya yang sederhana justru menonjolkan rasa gurih asli daging bebeknya.  Daging bebeknya sendiri kering, kesat, tapi empuk… Waktu bebek sudah dipanggang 90 menit, aku coba colek pahanya…walah..kok masih keras yaa…sementara kulitnya sendiri warnanya sudah mulai kehitaman.  Tapi ternyata aku salah..dagingnya memang masih firm, tapi empuk…sama sekali gak ngelawan waktu digigit dan dikunyah.  Bebek ini dihidangkan begitu saja tanpa saus sudah enak banget… Waktu dimakan dengan sausnya, sensasinya sedikit berbeda karena ada tambahan aroma bawang Bombay plus pedasnya cabe bubuk.  Patut dicoba deh resep ini…   Thanks to ShinyLien…:)



BEBEK PEKING PANGGANG
(source : ShinyLien lengkapnya disini)

Bahan :
1  ekor bebek peking atau bebek biasa (aku pake bebek biasa…)
2  sdm kecap asin
2  sdm kecap manis
200 ml air (aku Cuma pake 150ml)
1 sdt lada bubuk (aku tambah jadi 1 ½ sdt)
1 sdm angkak (gak tau angkak kayak apa? coba intip disini)
3 sdm makan gula pasir
1 sdt garam (aku tambah jadi 1 ½)
2 buah jeruk limau atau jeruk nipis (aku pakai keduanya)

Cara membuatnya :
1.  Cuci dan potong-potong bebek sesuai selera (bebek aku biarkan utuh, hanya aku buang kepala dan aku belah dadanya).
2.  Potong, lalu peras jeruk limau dan ambil airnya lalu sisihkan.
3.  Campur rata semua bahan menjadi satu di dalam sebuah wadah dan diamkan selama 1 jam.
4.  Panggang di dalam oven sampai daging mengering lalu diolesi sisa bumbu rendaman bebek kemudian dipanggang lagi hingga bebek matang.
5. Sajikan dengan perasan jeruk limau (plus saus ala dapursaga..hehehe..)

Resep Saus Bebek Panggang

Bahan :
-          cairan hasil memanggang bebek
-          bawang Bombay cincang kasar
-          cabe bubuk sesuai selera (aduhh…aku gak bisa jauh dari segala sesuatu bernama cabe…hehe..)
-          tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
  1. Tumis bawang Bombay dengan sedikit minyak
  2. masukkan cairan bebek.  Tambahkan bubuk cabai, aduk rata..biarkan mendidih.
  3. Masukkan larutan maizena, aduk rata.  Biarkan sampai mendidih lagi.  Angkat dan siap dihidangkan melengkapi bebek panggang

Notes :
-         Bebek aku panggang dengan suhu 150°C selama kurang lebih satu jam, dengan api bawah.  Setelah itu suhu aku naikkan menjadi 240°C dengan api atas-bawah, sampai bebek matang.  Total waktu memanggang sekitar 90 menit..
-          Olesi dengan bumbu sesering mungkin
-          Kenali oven masing-masing ya, karena setiap oven punya karakteristik sendiri-sendiri, walopun dengan merek dan model yang sama
-          Bebek panggang ini enak, tapi beda dengan bebek jualanku yang umumnya kaya bumbu (jadi kalo buat makan “nglawuhi” gitu…hmm…apa ya istilah bahasa indonesianya??), bebek panggang ini rasanya “minimalis”.  Jadi kalo bebek jualanku seekor bisa untuk berempat, kalo bebek panggang ini seekor cukup untuk berdua aja deh… (doyan ato apa nih…hehehe..)

Silakan dicoba yaa…:)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design