Saturday, February 26, 2011

Choco Mint Cookies

Salah satu resep kukis yang aku sertakan di event online-nya NCC, Cookies Week.. Kalo mau ngintip banyak resep-resep kukis yang lain, silakan di klik aja disini..

Di resep asli kukis ini di Primarasa, isian di tengah kukis adalah selai kacang.  Aku gak suka selai kacang, jadi awalnya resep ini aku lewatin begitu aja.  Tapi tiba-tiba aku membayangkan paduan coklat dan mint.  Belum pernah nyoba paduan ini di kukis sebelumnya sih, tapi udah pernah nyobain coklat praline dengan isian mint.  Enak juga sih...so, aku pikir kenapa gak dicoba untuk kukis juga.
Waktu nyoba bikin kukis ini, aku surprise juga dengan tekstur kukisnya.  Teksturnya ringan dan crunchy, mirip seperti lidah kucing.  Rasanya nyoklat banget.  Kalo bikin kukis ini, aku sering sengaja menyisihkan kukis tanpa olesan coklat mint, karena rasanya emang enak banget.  Apalagi kalo aku bikin selalu full butter...jadi rasanya buttery – chocolaty gitu deh...hehehe...
Beberapa pelanggan yang nyobain kukis ini, bilang bahwa sensasi rasanya beda... kukis coklat dengan kejutan rasa mint yang semriwing di tengahnya...hmm... Lain dari yang lain...
Penasaran?  Silakan nyobain resepnya dibawah ini deh...Tapi kalo gak sempat  atau males bikinnya, boleh kok pesen aja sama aku....hehehehe.....


CHOCO MINT COOKIES
(modified from Primarasa)

Bahan :
  • 180g tepung tergu
  • 50g coklat bubuk
  • 250g margarin (aku ganti mentega)
  • 180g gula kastor
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 2 butir telur
  • 1 kuning telur
  • 100 DCC (dark cooking chocolate) lelehkan
Olesan :
  • 150g coklat masak mint (hijau), cincang, lelehkan
Cara membuat :
  • Panaskan oven pada suhu 175°C.  Olesi loyang kukis dengan margarin, sisihkan.
  • Campur tepung terigu bersama coklat bubuk, lalu ayak, sisihkan.
  • Kocok margarin bersama gula kastor dan vanili hingga lembut.  Masukkan telur, kocok terus hingga mengembang.
  • Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga rata.
  • Masukkan dalam plastik segitiga, dengan spuit polos di ujungnya.  Semprotkan di atas loyang, hingga membentuk bulatan berdiameter 2cm.  Lakukan sampai adonan habis.
  • Masukkan loyang ke dalam oven, panggang selama 10 menit hingga matang, angkat.  Lepaskan kukis dari loyang, taruh di atas rak kawah hingga dingin.
  • Oleskan coklat masak mint yang telah dilelehkan, ke dasar kukis.  Lalu rekatkan pada dasar kukis lainnya, sehingga membentuk pasangan.  Lakukan hingga kukis habis.
  • Ambil sebuah kukis, celupkan setengah bagian ke dalama DCC leleh, angkat.  Biarkan hingga coklat mengeras.  Hidangkan.   
Untuk 800g

Note
-  kesulitan yang aku hadapi waktu bikin kukis ini adalah membuat ukuran kukis yang seragam. Waktu aku lempar hal ini ke milis, minta masukan, ada yang memberikan masukan untuk membuat pola bulatan-bulatan dulu di kertas roti, dengan jangka.  Lalu kertas roti ini dipasang terbalik di loyang yang sudah dioles mentega tipis, lalu kertas rotinya dioles mentega lagi.  Nah, adonan kukis disemprotkan mengikuti pola-pola tersebut. Tapi trik ini belum pernah aku aplikasikan juga, soalnya belum bikin kukis ini lagi...hehe..

SILAKAN DICOBA YAAA... 

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design