Sunday, February 6, 2011

Brownies Kukus Lapis Coklat

Ini salah satu resep ngetop di NCC, yg akhirnya jadi resep andalan untuk jualanku.  Komentar pelanggan setiaku adalah brownies kukus ini rasanya nyoklat banget.. Oh iya, sebenarnya di resep aslinya ada lapisan coklat beras (meises) di tengahnya.  Tapi aku gak pake, naah...sebagai gantinya aku pakai lapisan ganache di atasnya... hmmmm...gimana gak rasanya jadi nyoklat banget.. Gak percaya? coba deh resep ini...salah satu resep anti gagalnya NCC..:)



BROWNIES KUKUS LAPIS COKLAT
(resep NCC/Fatmah Bahalwan)

Bahan A :
  • Telur 12 butir
  • Gula pasir 450g
  • Emulsifier 20g (bisa pake ovalet/TBM/starkies)
  • Garam 1sdt
 Bahan B :
  • Coklat bubuk 75g
  • Terigu 300g
  • Vanili 1 sdt
Bahan C :
  • Mentega/margarin 300g (aku pake full mentega/butter)
  • Dark cooking chocolate (DCC) 200g
  • Pasta coklat black forest 1 sdm (aku pake Toffieco)
Bahan filling : meises 250g (aku gak pake)

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 26x26x8cm, poles mentega dan alasi kertas roti.  Poles lagi.
  2. Kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C, aduk hingga rata benar.  Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata
  3. Tuang satu bagian adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit
  4. Buka kukusan, taburi ½ bagian meises, tuang lagi 1 bagian adonan, kukus lagi.  Lakukan sampai adonan habis.
Note :
  • Aku pake loyang brownies ukuran 20x10cm (jadi 5 loyang)
  • Untuk jualan, aku gak pake meises, tapi aku kasih topping ganache (resep Rina Rinso)
  • Resep ganache Rina Rinso : 300g Dark Cooking Chocolate (DCC) serut + 200ml susu UHT + 100g Whipped Cream bubuk.  Campur semuanya dalam panci, lelehkan.  Biarkan dingin, lalu simpan dalam kulkas sampai mengeras.  Keruk dengan sendok, lalu kocok dengan mixer sampai lembut.  Masukkan piping bag & siap untuk digunakan.
  • Aku pake coklat bubuk Bensdrop...paduan full butter n bensdrop bikin wangi browniesnya enak banget...
  • Aku pernah coba bikin dengan margarine, tapi ternyata rasa dan wanginya gak masuk standarku....hehehe... Jadi ya akhirnya pake butter aja deh...
  • Sebelum loyang dimasukkan ke dalam kukusan pastikan air sudah mendidih (air bergolak).  Pada saat memasukkan loyang, kecilkan sedkit apinya, karena kalo terlalu panas (air bergolak) permukaan brownies akan bergelombang, walaupun kalo ditutup ganache gak keliatan juga sih...
Silakan dicoba yaaa...dijamin bakalan bikin lagi..bikin lagi..hehehehe...

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design