Wednesday, February 23, 2011

Ayam Cabe Ijo a.k.a Ayam Lado Mudo

Waktu pulang ke Surabaya sekitar sebulan lalu, aku sempat crita ke ibu kalo bebek bumbu cabe ijo jualanku dapat respon yang lumayan bagus dari konsumen.  Trus langsung aja ibuku minta aku masak cabe ijo ini, cuma bebeknya diganti ayam.  Kebetulan adikku juga pas lagi di Surabaya.  Biasanya kalo balik pulang ke rumahnya di Probolinggo, dia bawa beberapa jenis masakan ibuku.  Jadi dia gak perlu repot masak lagi sesampainya di rumah.
Ya udah, aku buatkan ayam cabe ijo atau kalo di Padang (daerah asalnya) disebut lado mudo.  Resep ini aku dapat dari temanku yang memang asli urang awak (thanks ya Melly Saisa), dengan wanti-wanti…”Gak pake bawang putih ya mbak…”  Hehe..padahal buatku, kayaknya bawang putih ini bumbu utama untuk bikin masakan jadi enak deh.. Tapi ya aku nurut aja deh sama yang punya resep.. Resep sudah aku sesuaikan dengan seleraku yaa..
Singkat cerita, ayampun jadi dan dinikmati seluruh keluarga.  Mereka bilang enak banget, bahkan keponakanku di Probolinggo - selang beberapa hari kemudian -  minta ibunya masak ayam cabe ijo lagi…hehehe…
So, sekarang resepnya aku share disini, siapa tau ada yang pengen nyoba masak sendiri..
Oh iya, ada beberapa bumbu yang aku tulis secukupnya, karena memang kalo masakan seperti ini disesuaikan aja dengan selera masing-masing yaa…


 AYAM CABE IJO

Bahan :
1kg cabe hijau besar
250g cabe rawit hijau
15 butir bawang merah
3 buah jeruk nipis (bisa juga pake cuka)
garam secukupnya
chicken powder secukupnya
gula pasir secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
1.  Bersihkan cabe hijau dan cabe rawit. Kukus sebentar sampai matang.
2.  Haluskan kedua cabe (kasar aja). Haluskan juga bawang merah (kasar
juga)
3.     Masukkan cabe, bwang merah dalam wajan. Tambahkan minyak goreng.  Masak sampai hampir matang Tambahkan garam, gula dan chicken powder secukupnya. Masak sampai matang.
4.     Masukkan ayam/bebek yg sudah diungkep dan digoreng sebelumnya (ayam/bebek digorengnya gak usah sampe kering). Aduk rata, biarkan bumbu meresap. Hidangkan.

Notes :
-         tips dari ibuku, cabe sebaiknya dikukus lebih dahulu untuk menghilangkan bau langu dan mencegah cabe berubah warna menjadi hitam
-          ukuran yang aku gunakan ini adalah untuk 3-4 ekor ayam (maklum biasa bikin dalam jumlah banyak untuk bakulan, jadi bikinnya gak pernah sedikit..hehehe..).  So, kalo memang hanya pengen bikin untuk seekor ayam, ukuran silakan disesuaikan sendiri yaa..
-          Untuk jeruk nipis dapat diganti dengan cuka.  Memasukkannya jangan sekaligus ya, takut nanti terlalu asam.  Sesuaikan aja dengan selera.
-          Sebenarnya kalo bikin dalam jumlah banyak, cukup praktis lho…apalagi untuk Anda yang sibuk.  Jadi dari bumbu yang sudah jadi tersebut, bagi menjadi 3-4 bagian.  Lalu masukkan masing-masing dalam kantung plastik simpan dalam freezer.  Ini bisa tahan beberapa bulan.  Kalau dibutuhkan tinggal keluarkan bumbu, biarkan dalam suhu ruang, panaskan lalu masukkan ayam gorengnya.. Jadi deh..

SILAKAN DICOBA YAAA….:)

1 comments:

Unknown said...

a good posting... :D
sangat bermanfaat..
mau liburan sambil belanja dan belajar memasak itik lado hijau. silahkan kunjungi kami disini
terima kasih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design