Sunday, February 13, 2011

Angkak

Ini pertamakalinya aku tau dan pake angkak dalam masakan.  Awalnya agak bingung liat bentuknya yang kayak beras, tapi warnanya merah bit gitu...  Ternyata angkak memang asalnya dari beras, trus fungsi dan manfaat angkak banyak sekali.  Selain untuk pengawet dan pewarna alami makanan, banyak juga manfaatnya untuk kesehatan.  Info lengkap mengenai angkak ini aku ambil dari beberapa sumber...

Angkak (Bahasa Cina: , ; pinyin: hóng qú mǐ; lit. "red yeast rice"), red fermented rice, red kojic rice, red koji rice, atau ang-kak, yaitu beras putih jenis tertentu yang dibiakkan dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga mengubah warna beras menjadi merah (wikipedia, lengkapnya disini) 

Fermentasi angkak menggunakan kapang Manascus sp. yang berasal dari negara China. Pembuatan pertama dilakukan oleh Dinasti Ming yang berkuasa pada abad ke-14 sampai abad ke-17. Dalam teks tradisional The Ancient Chinese Pharmacopoeia disebutkan bahwa angkak digunakan sebagai obat untuk melancarkan pencernaan dan sirkulasi darah. Beberapa spesies kapang telah digunakan untuk memproduksi angkak, diantaranya adalah Monascus purpureusM. pilosus, dan M. anka. Negara-negara Taiwan, Jepang, Korea, dan Hongkong memproduksi angkak untuk keperluan sebagai pewarna alami makanan.  Hasil uji toksisitas menunjukkan pigmen angkak cukup aman digunakan dalam pangan/makanan, mengurangi penggunaan nitrit dalam memperbaiki warna merah daging olahan seperti sosis dan ham daging sapi, serta menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan perusak berspora seperti Bacillus cereus dan Bacillus stearothermophilus (info lebih lengkap klik  disini)  

Informasi lain menyebutkan beberapa manfaat angkak, seperti yang aku temukan disini. Beras merah cina atau angkak merupakan pengawet dan pewarna makanan alami dan menyehatkan. Juga dianggap sebagai obat bermacam penyakit (baca sendiri aja lengkapnya yaaa..heheh...)

Ini nih gambar angkak...

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design